Ad Code

5 Destinasi Wisata di Banyuwangi, Indah Banget !!!

SUARITOTO Bali memang mempesona. Namun, tahukah kalian kalau daerah lain di sekitarnya juga tidak kalah menarik dan indah? Banyuwangi adalah salah satu contoh lokasi yang pantas dipertimbangkan sebagai tempat wisata kalian berikutnya.

Jika melakukan perjalanan darat, Banyuwangi adalah pintu masuk menuju Bali. Kalian akan menyeberang melewati pelabuhan Ketapang di Banyuwangi untuk bisa sampai ke Gilimanuk di pulau Bali.

Tidak ada salahnya bila kalian menghabiskan waktu di Banyuwangi selama beberapa hari untuk menikmati spot-spot wisata luar biasa yang bisa dikatakan keindahannya tidak kalah dengan Bali. Mulai dari pantai, gunung hingga savana-nya, dijamin akan membuat kalian menganga karena kagum.

Bagi para Instagrammer, Banyuwangi adalah one-spot-on-earth-you-can-not-miss, lho! Tidak percaya? Sepuluh tempat wisata Banyuwangi ini akan menunjukkan mengapa destinasi wisata ini tidak kalah dari Bali!

BACA JUGA : 6 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mengunjungi Angkor Wat

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen berada di ketinggian sekitar 2.443 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain pesona alamnya yang memikat, tempat wisata tersebut memiliki keunikan yaitu Blue Fire atau Api Biru. 

Api biru merupakan fenomena alam yang terjadi saat gas bumi bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu. Warna biru api berasal dari tinginya suhu di kawah tersebut. 

Kawah Ijen merupakan salah satu dari dua tempat di dunia yang memiliki fenomena tersebut. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Islandia untuk berburu api biru.

2. Bangsring Underwater

Bangsring Underwater terletak di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Tepatnya hanya sekitar 40 menit dari Stasiun Ketapang. 

Jika kamu gemar menikmati keindahan ekosistem bawah laut, kamu perlu berkunjung ke tempat wisata yang merupakan kawasan konservasi yang dikelola oleh nelayan setempat. 

Di sana, terdapat banyak sekali jenis ikan lucu, salah satunya adalah ikan badut atau ikan nemo. Gemasnya pun sama seperti versi kartunnya di Finding Nemo. 

Ingin merasakan berenang bersama gerombolan ikan hiu? Kamu bisa melakukannya di Bangsring Underwater.

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata yang Hits Banget di Kediri, Cocok Buat Feed Hunter !!!

3. Pantai Cacalan

Banyuwangi memiliki banyak pantai indah, salah satunya adalah Pantai Cacalan di Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro. Dekat dengan Pelabuhan Ketapang.

Asal mula nama pantai ini memiliki banyak versi. Salah satunya adalah pembersihan area pantai yang dipenuhi pohon bambu menggunakan cangkul. Kegiatan tersebut disebut masyarakat sekitar sebagai “dicacal”. 

Di Pantai Cacalan, kamu bisa melihat sebuah pulau bernama Santen. Kamu bisa menyewa perahu untuk mengarungi laut mencapai pulau tersebut. 

Ombak di sana relatif kecil. Kamu bisa berenang di airnya yang hangat sembari menikmati matahari terbenam. 

Kamu juga bisa bersantai di bibir pantai sambil menikmati kuliner seafood dari warung setempat. Jika beruntung, mungkin bebatuan yang ditumbuhi rumput laut akan terlihat.

4. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional (TN) Alas Purwo diyakini sebagai hutan pertama, atau hutan tertua. Tak ayal daya tariknya dianggap memiliki hawa magis tersendiri. 

Namun, hawa magis tersebut mungkin muncul dari lebatnya pepohonan yang menghadang polusi suara hingga membuat suasana sangat sepi.

Jika kamu ingin berlibur sambil menikmati alam dengan tenang, TN Alas Purwo patut dikunjungi. Menyusuri pintu masuk, kamu akan disambut oleh rindangnya pohon mahoni di sepanjang jalan utama.

Tidak jauh dari sana terdapat Situs Kawitan yang memiliki arti “tua” dalam bahasa Jawi Kawi. Megahnya candi Hindu tersebut bisa dijadikan sebagai spot berfoto yang menarik. 

Apabila ingin melihat burung merak, rusa, dan banteng Jawa, kamu bisa lanjut ke padang savana Sadengan. 

TN yang ditetapkan sebagai Geopark Nasional ini memiliki luas 44.037 hektar, serta dipenuhi oleh ratusan jenis flora dan fauna. 

Tepatnya 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil. TN Alas Purwo berlokasi di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo.

BACA JUGA : 7 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Toraja, Ada Tempat yang Sakral !!!

5. Pantai Mustika

Usai berkunjung ke Pantai Pulau Merah, jangan lupa berkunjung ke Pantai Mustika yang masih berada dalam satu garis pantai. 

Pantai Mustika terletak di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Selain bentuknya yang menyerupai setengah lingkaran, hamparan pasir putihnya juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Beberapa kursi sudah disediakan di sana bagi wisatawan yang ingin memandang hamparan laut, serta mendengar deburan ombak. Apabila mulai merasa lapar, jangan lupa untuk pesan es kelapa dan udang lobster. 

Kendati pantai pada umumnya mungkin terasa panas, namun pantai ini memiliki banyak pohon kelapa sehingga membuat kawasan terasa sejuk.





Posting Komentar

0 Komentar