Ad Code

7 Makanan Asal Argentina, Menggugah Selera !!!

SUARITOTO Argentina termasuk salah satu negara yang sering jadi pilihan para pelancong sebagai destinasi traveling. Selain terkenal akan keindahan tata kota dan keunikan budayanya, negara Amerika Latin ini juga memiliki berbagai makanan khas yang menggoda lidah.

Mengutip laman Will Fly for Food, Argentina merupakan rumah bagi daging sapi kelas dunia dan aneka hidangan terlezat di Amerika Selatan. Bumbunya didominasi oleh perpaduan budaya Mediterania, Italia, dan Spanyol yang menghasilkan cita rasa unik.

Tertarik mencoba kelezatannya? Berikut beberapa makanan khas Argentina yang wajib Anda cicipi saat berlibur.

BACA JUGA : 5 Makanan Rumahan yang Bakal Bikin Kita Kangen Banget !!!

1. Chimichurri

Chimichurri merupakan saus andalan Argentina yang sering digunakan untuk memanggang daging. Menurut laman BBC Good Food, saus berwarna hijau ini terbuat dari peterseli halus, oregano, bawang merah, bawang putih, minyak zaitun, dan sedikit asam dari lemon atau cuka.

Perpaduan rasa gurih, asam, dan sedikit pedas dari bahan-bahan tersebut menciptakan cita rasa yang lezat dan kaya di lidah. Mengoleskannya sebagai bumbu steak tentu akan membuat daging terasa lebih nikmat.

2. Dulce De Leche

Dulce de leche disajikan sebagai pelengkap roti dari berbagai hidangan penutup Argentina. Makanan ini terbuat dari susu kental manis yang perlahan direduksi hingga menjadi lebih manis dan lengket

Cara membuat dulce de leche adalah dengan merebus susu kental manis dengan api kecil sehingga rasanya berubah seperti karamel. Hidangan ini dapat disajikan dalam bentuk cair dan gula-gula.

BACA JUGA : 5 Kuliner Khas Lebanon yang Wajib Dicobain Saat Berkunjung ke Lebanon

3. Provoleta

Provoleta merupakan makanan khas Argentina berupa keju panggang. Umumnya, makanan ini dihidangkan sebagai pelengkap asado, daging panggang khas Argentina.

Provoleta biasanya disajikan dengan cabai merah yang dihancurkan dan rempah-rempah seperti oregano yang ditaburkan di atasnya. Perpaduan gurihnya keju yang hampir meleleh disajikan renyah dengan sedikit karamel di bagian luar yang lengket dan smokey menggoda lidah siapa pun yang mencicipinya.

4. Empanadas

Empanadas berasal dari bahasa Spanyol empanar, yang berarti roti atau membungkus sesuatu dengan roti. Sesuai namanya, kuliner ini dibuat dengan membungkuskan isian dengan adonan hingga membentuk seperti pastel.

Isiannya beragam dan dapat disesuaikan dengan selera, bisa berupa sayuran dan campuran potongan daging, jagung manis, ayam, keju, maupun ham. Setiap daerah memiliki gaya penyajiannya masing-masing, ada yang dipanggang, ada pula yang digoreng.

BACA JUGA : 5 Tempat Kuliner Terbaik di Purwokerto, Ramah di Kantong

5. Alfajores

Bagi pecinta makanan manis, wajib mencoba alfajores, kue kering khas Argentina  yang memiliki bentuk seperti macaron. Tak hanya terkenal di Argentina, dessert yang satu ini bisa ditemukan di Uruguay, Peru, dan Spanyol.

Alfajores tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, tapi biasanya terdiri dari dua kue roti bundar yang diisi dengan dulce de leche. Secara tradisional, alfajores ditaburi dengan gula bubuk. Namun, ada pula yang menyelimutinya dengan parutan kelapa atau cokelat.

6. Mate

Mate adalah sejenis teh herbal yang terbuat dari daun tanaman yerba mate. Untuk membuatnya, daun yerba mate dikeringkan, dicincang, dan digiling menjadi bubuk, atau direndam sebaga daun utuh ke dalam air panas.

BACA JUGA : 5 Kuliner dari Hawai yang Cocok di Lidah Indonesia !!!

7. Choripan

Jika Anda menyukai sandwich, Anda mungkin akan menikmati choripan, hot dog versi Argentina. Salah satu street food khas Argentina ini biasanya disantap sebagai hidangan pembuka selama persiapan asado.

Choripan dihidangkan dalam berbagai bentuk dan rasa. Namun, umumnya makanan ini dibuat dari sosis sapi atau babi yang disajikan dalam roti gulung lengkap dengan chimichurri untuk menambah kelezatannya.





Posting Komentar

0 Komentar