SUARITOTO - Yamaha Aerox kini menjadi skutik primadona para anak muda. Desainnya mengusung motor matic bergaya sporty layaknya motor sport fairing. Sepakbor depan melekat ke roda, memiliki jok bertingkat, dan buritannya tanpa behel alias handle bar penumpang.
Bentuk lekuk bodinya juga sengaja dibuat berisi dan kekar. Kemudian disematkan ban berprofil gambot agar menyempurnakan desainnya yang sporty. Sehingga dalam keadaan standar bawaan pabrik pun, motor matic ini sudah cukup sedap dipandang.
Hanya saja sebagai sarana ekspresi diri dan biar tampilannya beda dari yang lain, Yamaha Aerox kerap dijejali modifikasi oleh pemiliknya. Umumnya penyematan komponen aftermarket mulai dari spion, knalpot, windshield, serta jok kenamaan yang harganya mahal.
Melihat fenomena itu, ahli desainer digital Julak Sendie Design coba menawarkan konsep ubahan yang berbeda. Modifikasinya terbilang ekstrem namun memiliki karakter yang kuat, jadi tak cuma mengganti part aftermarket dan main kirian saja nih ngab.
Berikut ini daftar desain digital modifikasi yang dilakukan Sendie untuk Yamaha Aerox, semoga saja bisa menginspirasi ya Sahabat Suari.
BACA JUGA : Chevrolet Corvette C8 Dengan Kostum dari Liberty Walks, Yakin Ga Ganteng ???
1. Yamaha Aerox R1M Look
Biar makin 'moge look' serupa Yamaha R1M, bisa coba ikuti kustomisasi yang satu ini. Moncong depan skutik tersebut dibuat lebih meruncing dan pakai lampu proyektor minimalis, jadi housing lampu bawaannya ditanggalkan.
Ubahan ini membuat tabeng depan jadi lebih 'bersih'. Bila perlu sematkan sayap atau winglet tambahan pada sisi sampingnya supaya aura balapnya makin terpancar. Apalagi ditambah livery Petronas SRT atau warna bodi putih dan biru khas R-series Yamaha, dijamin Yamaha Aerox Anda jadi perhatian di jalan.
Sendie juga mengubah struktur kaki-kaki bagian belakang tak lagi pakai shockbreaker ganda. Melainkan pakai monoshock. Tak lupa ubah model jok pakai single seater dan cakram ganda di depan. Bisa tambah cover dudukan penumpang, atau kustom. Selanjutnya tambah handlebar protector, tetap pakai spion serta knalpot yang sesuai aturan supaya tetap bisa mengaspal di jalanan.
2. Yama Aerox Racing Look
Konsep yang satu ini terbilang mudah dan bisa diaplikasikan nih, sebab tak perlu kustomisasi yang ekstrem. Ubahan Yamaha Aerox menjadi racing look ini utamanya ganti velg berpalang yang lebih rapat dan banyak, pakai jok single seater, windshield aftermarket bening, hingga suspensi besutan Ohlins.
Selain itu tinggal tambahkan permainan warna yang senada. Maksudnya cukup pakai kombinasi 2 atau 3 warna, misalnya kuning, hitam, dan putih seperti yang dilakukan Sendie pada karyanya ini.
"Sektor pengereman juga tidak lupa di-upgrade dengan menggunakan part dari Brembo. Karena mengusung konsep racing maka knalpot original diganti dengan knalpot recing merk ROB1, lengkap dengan exhaust slider untuk melindungi knalpot Yamaha Aerox dari benturan," katanya.
BACA JUGA : Honda Rebel 300 Siap Mengaspal di Indonesia Pada Tahun 2023, Pecinta Retro Bersiap
3. Yamaha Aerox Urban Adventure Look
Terakhir Sendie coba menawarkan konsep Urban Adventure. Masih berkutat pada gaya sporty, tapi biar aura petualang atau liarnya tersingkap, cover setangnya dicopot. Kemudian setang bawaan diganti pakai kepunyaan Yamaha X-Ride, berikut panel meternya.
Selain itu ubahannya pakai velg berpalang rapat, suspensi depan up side down, jok kustom untuk mempertegas separator pengendara dan penumpangnya, serta permainan striping atau warna bodi yang serba hitam dan merah. Racikan tersebut membuat Yamaha Aerox lebih gahar.
"Penggunaan setang Yamaha X-Ride terlihat lebih berani seperti konsep semi adventure. Tidak lupa modifikasi dibagian setang dengan mengganti handgrip, master rem dan proguard yang di-upgrade dengan produk aftermarket," pungkas Sendie.
Beberapa desain modifikasi digital Yamaha Aerox buatannya ada juga yang berupa penggantian lampu proyektor, tapi housing-nya tetap bawaan pabrik. Sistem pencahayaan tersebut biasa disebut angle eyes, lantaran perpaduan LED yang membuatnya menawan.
0 Komentar